Kamis, 09 Agustus 2012

TINGKAT BERFIKIR MAHASISWA


Abad XXI yang diwarnai persaingan ketat di segala bidang dengan datangnya pasar bebas dan perubahan situasi yang sulit diduga (unpredictable), menuntut kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul. Dalam kondisi nilai-nilai kehidupan yang serba berubah, mahasiswa sebagai inti generasi muda menghadapi tantangan besar dalam menyongsong masa depan, terlebih dengan datangnya era pasar bebas. Karena itu, hanya perguruan tinggi (PT) yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang akan dapat eksis dan survive di tengah masyarakat global.
Semangat reformasi yang dilandasi oleh nilai demokrasi dan transparansi dalam konstelasi politik bangsa terus merebak termasuk dalam dunia kemahasiswaan. Demikian juga pada proses belajar-mengajar, kepemimpinan, dan sistem manajemen. Karena itu, peran aktif mahasiswa dalam masyarakat sangat diperlukan agar pengembangan pembangunan masyarakat mendapat pencapaian tujuan secara optimal.
Subsistem pendidikan nasional yang ada di PTN maupun PTS di indonesia telah berupaya menyiapkan mahasiswa untuk menjadikan warga masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual dan kepemimpinan yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks), berjiwa penuh pengabdian, dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara. Untuk mendukung upaya itu, diciptakan kehidupan kampus sebagai lingkungan ilmiah yang dinamis, berintegritas Islam, berwawasan budaya bangsa, dan berkepribadian Indonesiademokratis yang mendukung kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi PT sebagai lembaga keilmuan harus digalakkan. Hal ini perlu ditekankan agar sivitas akademika dapat mengembangkan pemikiran yang konstruktif dan kreatif bagi pengembangan ipteks dan kebudayaan sejalan dengan pencapaian tujuan nasional.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan Pendidikan Nasional yaitu: "Membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri, dan memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan". Sejalan dengan itu peran penting Perguruan Tinggi bertujuan untuk :
  1. Menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, yang memiliki kemampuan akademik dan/ atau profesional, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur.
  2. Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan, menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian dalam rangka memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

selengkapnya temen-temen dapat mendownload nya  pada link yang sudah saya sediakan di akhir  postingan ini..
semoga ini nantinya dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua ...






jika link rusak silahkan temen-temen tinggalkan komentar atau pesan pada tempat yang sudah saya sediakan...............

SEMOGA BERMANFAAT.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar